Setiap orang pernah atau pasti berDoa kepada Allah, apalagi di Bulan Ramadhan bulan suci umat islam sangat dianjurkan sekali kita sering berdoa dengan penuh harap agar doa cepat dikabulkan Allah swt.. Aamiin. Adapun Hikmah mengucap aamin setelah doa dipanjatkan diucapkan berarti kita meminta dengan sungguh-sungguh kepada Allah dengan penuh harap untuk mengabulkan doa yang kita panjatkan tersebut. Selain itu Faedah mengucapkan Aamiin sanga luar biasa bila kita lakukan sesua dengan ketentuaannya.


Faidah  Mengucap Kata Aamiin Saat Shalat Berjama’ah kita laksanakan dapat pelebur dosa.


• Kapankah aamiin sebaiknya keluar dari mulut kita?
Hasil diskusi para ulama-ulama yang membahas mengenai kata aamian menyimpulkan bahwa sebaiknya kita mengucap aamian sesaat setelah surat al-Fatihah selesai dibacakan oleh imam shalat.

• Kapankah mengucapkan aamiin? Sesudah imam atau sebelum?
Untuk mendapatkan hasil terbaik dari kata aamiin, satu kata untuk pelebur dosa, kta sebaiknya menunggu imam memulainya, seperti yang ada dalam hadits dimana saat imam mulai bersiap untuk mengucap aamiin, ma’mum shalat juga bersiap-siap agar ucapannya bisa menjadi lebih harmonis.

• Apakah pengucapan aamiin boleh mendahului imam?
Jika kita ingin mendapatkan keutamaan besar dari kata-kata aamiin, kita dilarang untuk mendahului imam ataupun selesai lebih dahulu.

• Dosa jenis apa saja yang dihilangkan?
Memang tidak dijelaskan secara detil dosa macam apa yang akan dihapuskan, tapi para ulama setuju bahwa yang dimaksudkan pada hadits di atas adalah secara umum, yang berarti bukan hanya dosa kecil yang dihapus melainkan juga dosa yang besar. Meski begitu, masih ada beberapa debat mengenainya.

• Apa maksud bersamaan pada hadits tadi?
Bersamaan disini bisa bermaksud bersamaan waktu, atau bersamaan sifat dimana manusia akan menjadi seperti malaikat yang merendahkan diri saat berdo’a.

• Siapa saja malaikat yang turut mengucap aamiin?
Ada beberapa perdebatan mengenai malaikat mana yang ikut mengucap, tapi mayoritas ulama memilih untuk menggunakan malaikat yang mengikuti shalat berjamaah. Karena hanya dari itu lah mereka bisa ikut mengucap aamiin, satu kata untuk pelebur dosa.

 “AAMIIN” (alif dan mim nya sama-sama dipanjangkan), artinya YA TUHAN, KABULKANLAH DOA KAMI

Barang Siapa Mengucapkan Aamiin

Riwayat Hadits dari Anas bin Malik,bahwa Nabi Muhammad saw bersabda : " Perhatikanlah ketika

Nabi Musa a.s munajat kepada ALLAH swt. Lalu ALLAH swt berfirman : " Hai Musa,kelak Aku akan berikan kapada Umat Muhammad saw 4 Huruf :

1. Huruf Pertama dari Kitab Taurat,
2. Huruf Kedua dari Kitab Zabur,
3. Huruf Ketiga dari Kitab Injil,
4. Huruf Keempat dari Kitab Al-Qur'an.

Lalu Nabi Musa bertanya : " Ya Tuhanku,Huruf apakah yang 4 macam itu ?" dan ALLAH swt menjawab:

Ke empat macam Huruf itu adalah Alif,Mim,Ya dan Nun. Yang di singkat menjadi " AaMiiN". Maka barang siapa mengucapkan AaMiiN seperti membaca 4 buah kitab - kitab yang di sebutkan di atas,yaitu Taurat,Zabur,Injil dan Al-Qur'an.

1. Maka dikatakannya bahwa Huruf Alif tertulis di Tiang Arsy ALLAH
2. Huruf tertulis di Tiang Kursi,yaitu Huruf Mim.
3. Huruf Ya tertulis di Lauhil Mahfuzh.
4. Huruf Nun tertulis di Batang Qalam.

Maka barangsiapa mengucapkan AaMiiN, maka dengan Izin ALLAH dan dengan Kekuasaan-Nya keempat macam Makhluk itu bergerak dan secara otomatis dapat berkata-kata meminta Ampun ke Hadirat ALLAH Yang Maha Kuasa untuk orang yang mengucapkan AaMiiN itu

Semoga bermanfaat Hikmah Mengucap AAMIIN.

sumber dari media online yang diolah.
Alhamdulilah, Bulan Ramadhan Yang penuh Berkah, Rahmat dan Ampunan Insya Allah Akan segera Datang SAMBUTLAH dengan Penuh Gembira dan Ceria serta persiapankan diri dengan ilmu dan Hati yang Bersih

DAPAT GRATIS PERNUM->NOMOR PRIBADI CANTIK FAVORIT MU * Join DAPAT GRATIS PERNUM HARI INI

Pengucapan Yang Benar Kata ..
1. ”AMIN” (alif dan mim sama-sama pendek), artinya AMAN, TENTRAM
2. “AAMIN” (alif panjang & mim pendek), artinya MEMINTA PERLINDUNGAN KEAMANAN
3. ”AMIIN” (alif pendek & mim panjang), artinya JUJUR TERPERCAYA
4. “AAMIIN” (alif & mim sama-sama panjang), artinya YA TUHAN, KABULKANLAH DOA KAMI